3 Bekal Menyambut Ramadhan

Tidak lama lagi, insyaAllah kita akan memasuki bulan Ramadhan. Bulan yang penuh dengan ampunan, keberkahan, dan segala amal kebaikan. Semoga Allah menyampaikan kita pada Ramadhan tahun ini. Bisa berkumpul dengan keluarga besar saat Ramadhan tahun ini, Aamiiin.

 

Sebelum masuk pada Ramadhan, alangkah baiknya jika kita belajar kembali dan mempersiapkan diri dengan persiapan terbaik, agar Ramadhan nanti tidak sia-sia terlewat begitu saja.

 

Di pembahasan ini, ada 3 bekal yang perlu kita persiapkan untuk menyambut Ramadhan. Yuk simak pembahasannya.

 

 

  • Ilmu

 

 

Ibnul Qayyim rahimahullah berkata,

“Orang yang beramal tanpa ilmu bagai orang yang berjalan tanpa ada penuntun. Sudah dimaklumi bahwa orang yang berjalan tanpa penuntun tadi akan mendapatkan kesulitan dan sulit bisa selamat. Taruhlah ia bisa selamat, namun itu jarang. Menurut orang yang berakal, ia tetap saja tidak dipuji bahkan dapat celaan.”

 

Ibnu Taimiyah rahimahullah juga berkata,

“Siapa yang terpisah dari penuntun jalannya, maka tentu ia bisa tersesat. Tidak ada penuntun yang terbaik bagi kita selain dengan mengikuti ajaran Rasul –shallallahu ‘alaihi wa sallam-.”

 

‘Umar bin ‘Abdul ‘Aziz juga pernah berkata,

“Siapa yang beribadah kepada Allah tanpa didasari ilmu, maka kerusakan yang ia perbuatan lebih banyak daripada maslahat yang diperoleh.”

(Majmu’ Al Fatawa, 2: 282)

 

Ramadhan bulan yang penuh berkah dan Allah banyak memberikan pahala pada hamba-Nya. Kesempatan emas ini jangan sampai kita sia-siakan / lewatkan begitu saja karena ketidaktahuan kita akan ilmu mengenai puasa.

Apa-apa saja yang bisa membatalkan puasa, apa-apa saja yang bisa mengurangi pahala puasa, dan masih banyak hal lainnya yang perlu kita pahami sebelum ramadhan tiba. Jangan sampai puasa kita hanya bernilai lapar dan haus saja.

 

Yuk mulai pelajari lagi ilmu tentang puasa dan segala keutamaan-keutamaan yang bisa kita raih di bulan Ramadhan.

 

 

  • Perbanyak Taubat

 

 

Ini yang sangat dianjurkan untuk dilakukan sebelum menghadapi Ramadhan. Perbanyak taubat. Semoga di Ramadhan yang akan datang, kita bisa lebih baik dalam menjalaninya, bisa lebih banyak melakukan amalan kebaikan dan fokus pada ibadah.

 

Ingatlah bahwa syarat taubat yang dijelaskan oleh para ulama sebagaimana dinukil oleh Ibnu Katsir rahimahullah, “Menghindari dosa untuk saat ini. Menyesali dosa yang telah lalu. Bertekad tidak melakukannya lagi di masa akan datang. Lalu jika dosa tersebut berkaitan dengan hak sesama manusia, maka ia harus menyelesaikannya / mengembalikannya.”

(Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 14:61)

 

 

  • Memohon Kemudahan dari Allah subhanahu wa ta’ala

 

 

Untuk mudah melakukan kebaikan di bulan Ramadhan, itu semua atas kemudahan dari Allah. Jika kita terus pasrahkan pada diri sendiri, maka ibadah akan menjadi sulit untuk dijalani. Karena diri ini sebenarnya begitu lemah. Oleh karena itu, hendaklah kita banyak bergantung dan tawakkal pada Allah dalam menjalani ibadah di bulan Ramadhan. Terus memohon do’a pada Allah agar kita mudah menjalankan berbagai bentuk ibadah baik shalat malam, ibadah puasa itu sendiri, banyak berderma, mengkhatamkan atau mengulang hafalan Qur’an dan kebaikan lainnya.

 

Berikut adalah Do’a untuk memohon kemudahan :

 

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

 

Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa” [artinya: Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah].

(Hadits ini dikeluarkan oleh Ibnu Hibban dalam Shahihnya 3:255)

 

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ فِعْلَ الْخَيْرَاتِ وَتَرْكَ الْمُنْكَرَاتِ

 

Allahumma inni as-aluka fi’lal khoiroot wa tarkal munkaroot.” (Ya Allah, aku memohon pada-Mu agar mudah melakukan kebaikan dan meninggalkan kemungkaran).

(HR. Tirmidzi no. 3233)

 

Semoga Allah menyampaikan kita pada bulan Ramadhan tahun ini, dan menjadikannya Ramadhan terbaik yang kita jalani. Aamiiiin.

 

Sumber : rumaysho.com

Bookmark the permalink.

Comments are closed.