6 Hak Sesama Muslim

Characters of people holding heart shapes illustration

Sebenarnya banyak hak dan kewajiban antar sesama muslim. Pembahasan kali ini diambil dari satu hadits saja. Jadi bukan berarti hak sesama muslim hanya 6 saja ya.

Yuk langsung simak saja 6 hak sesama muslim berdasarkan hadits riwayat Muslim berikut ;

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رضي الله عنه – قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – – حَقُّ اَلْمُسْلِمِ عَلَى اَلْمُسْلِمِ سِتٌّ: إِذَا لَقِيتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ, وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ, وَإِذَا اِسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْهُ, وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اَللَّهَ فَسَمِّتْهُ وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ, وَإِذَا مَاتَ فَاتْبَعْهُ – رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Hak muslim kepada muslim yang lain ada enam.” Beliau shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, ”(1) Apabila engkau bertemu, ucapkanlah salam kepadanya; (2) Apabila engkau diundang, penuhilah undangannya; (3) Apabila engkau dimintai nasihat, berilah nasihat kepadanya; (4) Apabila dia bersin lalu dia memuji Allah (mengucapkan ’alhamdulillah’), doakanlah dia (dengan mengucapkan ’yarhamukallah’); (5) Apabila dia sakit, jenguklah dia; dan (6) Apabila dia meninggal dunia, iringilah jenazahnya (sampai ke pemakaman).”

[HR. Muslim, no. 2162]

Perlu dipahami sekali lagi bahwa makna “enam” (6) bukan sebagai patokan. 6 disini adalah yang terkandung dalam hadits ini. Sedangkan masih banyak lagi hak dan kewajiban antar sesama muslim.

Hak sesama muslim itu tercakup dalam sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

لا يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ لِأَخِيهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ

Tidaklah beriman seseorang di antara kalian sampai ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.”

(HR. Bukhari, no. 13 dan Muslim, no. 45)

Detail dari 6 hak sesama muslim dalam hadits diatas adalah sebagai berikut ;

 

 

  • Apabila engkau bertemu, ucapkanlah salam kepadanya”

 

    Salam adalah do’a yang diucapkan untuk sesama muslim. Makna salam ini begitu dalam, karena mendo’akan keselamatan bagi kita. Maka seharusnya ketika berjumpa dengan sesama muslim, usahakan agar selalu diawali dengan salam. Agar semakin banyak do’a yang diucapkan sehingga semoga Allah selalu menjaga kita dan merahmati kita dalam setiap aktivitasnya. Aamiiin.

Jadi mulai sekarang, setiap bertemu dengan sesama muslim, jangan lupa ucapkan salam untuknya. Dan jika teman memberi salam pun, jangan lupa untuk menjawabnya, dan jawab dengan salam yang lengkap yaa.

 

 

  • “Apabila engkau diundang, penuhilah undangannya”

 

Jika ada teman, sahabat, saudara sesama muslim yang mengundang kita, baik itu walimah atau undangan lainnya, maka usahakanlah untuk hadir. Kecuali jika ada uzur syar’i yang membuat kita tidak bisa datang.

Tapi jika Allah memberi kesempatan, waktu dan lainnya kita bisa datang, maka penuhilah undangannya.

Coba cek-cek lagii, ada undangan dalam waktu dekat-dekat ini???

 

 

  • Apabila engkau dimintai nasihat, berilah nasihat kepadanya”

 

Jika ada kerabat yang meminta nasihat, atau dia cerita masalahnya dia dengan harapan kita bisa memberikan saran, maka berilah nasihat terbaik yang bisa kita berikan. Jangan sampai ketika ada kondisi seperti itu, kita malah mengolok-oloknya atau cuek terhadapnya.

Bisa yaa, insyaallah.

 

 

  • “Apabila dia bersin (dan mengucap Alhamdulillah), do’akanlah dia (sambut dengan ucapan) Yarhamukallah

 

Makna kalimat Yarhamukallah adalah Semoga Allah merahmatimu. Bersin adalah kondisi yang baik, karena tubuh mengeluarkan ratusan jenis virus / penyakit dalam tubuh kita. Ini yang sering dianggap sepele. Masih banyak orang yang menjadikan bersin main-main. Bukannya mengucap syukur Alhamdulillah tapi malah mengeluarkan kata-kata yang tidak bermanfaat.

 

Yuk, ini harus dibiasakan, jika kita bersin ucapkan Alhamdulillah. Bayangkan kalau kita mau bersin terus tidak jadi, rasanya kan tidak enak dan virus yang ada didalam tubuh pun tidak jadi keluar. Maka ketika bersin ucapkanlah syukur Ahamdulillah. Yang terpenting lagi ketika mendengar orang bersin dan berucap Alhamdulillah, balaslah dengan ucapan Yarhamukallah.

Harus bisa dan jadi kebiasaan yaa. Insyaallah

 

 

  • “Apabila dia sakit, jenguklah dia”

 

Seandainya kita sendiri yang sakit, jika kita dijenguk oleh kerabat kita tentu rasanya bahagia. Setidaknya rasa sakit bisa kita tahan karena bahagia bisa bertemu kerabat.

 

Maka kita ringankan beban kerabat kita yang sakit dengan menjenguknya. Jangan lupa juga untuk mendoakan kesembuhan baginya.

 

 

  • “Apabila dia meninggal dunia, iringilah jenazahnya (sampai ke pemakamannya)”

 

Ini juga kebiasaan yang sangat baik. Jika ada kerabat muslim yang meninggal, alangkah indahnya jika kita memiliki waktu dan kesempatan, untuk ikut men-sholatkannya, dan mengiringinya sampai ke pemakaman. Memberi doa-doa terbaik untuk almarhum/almarhumah.

 

Walaupun kita mungkin tidak kenal secara langsung tidak apa-apa. Selama dia masih muslim. Untuk yang tidak kenal pun dianjurkan, apalagi dengan kerabat yang kita kenali.

 

MasyaAllah. 6 hak sesama muslim yang insyaAllah jika kita bisa mengaplikasikannya setiap hari, akan tercipta ukhuwah islamiyah (hubungan sesama muslim) yang kuat. Walaupun berawal dari hal-hal sederhana, tetapi inilah yang bisa membuat sesama muslim menjadi kuat.

 

Semoga 6 hak diatas tadi bisa kita aplikasikan sehari-hari mulai saat ini juga yaa. InsyaAllah bisa dan menjadi kebiasaan yang baik.

 

Wallahu alam.

 

Sumber hadits : rumaysho.com

Bookmark the permalink.

Comments are closed.